Loading...

SELAMAT DATANG DI WEB LPM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

BERITA

Prof. Dr. Karwono, M.Pd. Lantik Wakil Dekan Fakultas Hukum dan Kaprodi Akuntansi

UM Metro – Rektor Universitas Muhammadiyah Metro, Prof. Dr. Karwono, M.Pd. lantik Wakil Dekan Fakultas Hukum dan Ketua Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis di gedung Hubungan Masyarakat dan Internasional pada Kamis, 12 Juli 2018.

Wakil Dekan FH yang dilantik tersebut adalah Wakil Dekan bidang Akademik, Samsul Arifin, S.H., M.H., Wakil Dekan bidang Keuangan dan Sumber Daya, M. Shofwan Taufiq, S.H.I., M.S.I., menggantikan Dra. Dwi Tyas Utaminingsih, M.H. dan Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, Dr. Prima Angkupi, S.H., M.H., M.Kn. Sementara Kaprodi Akuntansi FEB yang ikut dilantik dalam forum yang sama adalah Gustin Padwa Sari, S.E., M.S.Ak. menggantikan Yulita Zanaria, S.E., M.Si., Akt., CA.

Usai memimpin pembacaan janji pelantikan dan penandatangan SK pelantikan, Prof. Dr. Karwono, M.Pd. menyampaikan ucapan terima kasih kepada Purnabakti yang telah memperjuangkan kemajuan untuk UM Metro baik di tingkat Fakultas maupun di tingkat Prodi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada purnabakti atas jasa dan pengorbanan waktunya dalam rangka memajukan UM Metro. Kemudian saya mengucapkan selamat kepada yang baru saja dilantik. Saya berharap mudah-mudahan kedepan, saudara-saudara yang dilantik tadi dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan amanah persyarikatan. Untuk wakil dekan, silahkan laksanakan kerjanya untuk membantu dekannya. Satukan visi lalu bergerak untuk memajukan UM Metro,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Guru besar UM Metro ini juga berpesan untuk senantiasa memfasilitasi setiap dosennya guna melakukan kenaikan jabatan akademik. Hal itu ia sampaikan, sejauh ini jabatan akademik di lingkungan UM Metro masih perlu peningkatan guna memajukan UM Metro ke depan.

“Ada yang menjadi PR bagi Perguruan Tinggi saat ini, yakni minimnya dosen yang memiliki jenjang jabatan akademik Lektor Kepala. Oleh karena itu, saya titip sama Wakil Dekan Fakultas Hukum untuk memfasilitasi dan mengingatkan dosen di lingkungan fakultas agar mengurus JJA-nya. Kami dari pihak Rektorat telah berupaya terus mendukung percepatan kenaikan pangkat tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung, Prof. Dr. Marzuki Noor, M.S. ikut menambahkan, masuknya UM Metro ke dalam daftar sepuluh besar Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aiysiyah yang jumlahnya 173 PTMA dalam beberapa bidang, membuat guru besar UM Metro ini mulai berpacu pada deretan sepuluh besar Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang menerapkan Terintegrasinya Nilai-Nilai Islam dalam keunggulan Kompetensi Individu.

“Untuk mewujudkan Fakultas Hukum yang berbeda dari yang ada pada umumnya, mestinya kita memiliki satu pegangan yakni kompetensi Profetik. Orang itu jika landasannya pada iman, maka nanti akan muncul apa yang disebut alkis atau adil pada tingkat tinggi. Dengan Keyakinan tinggi, ditopang kemampuan yang profesionalitas maka akan melahirkan sesuatu untuk kemaslahatan umat. Sehingga jika nanti diminta memberikan pelayanan, maka akan muncul keadilan di situ,” jelas Prof. Dr. Marzuki Noor, M.S.

Menurutnya peran serta tiga wakil dekan dalam membantu pekerjaan dekan di bidang administrasi dan birokrasi sudah berjalan baik. Namun penguatan Profetiknya yang ia nilai masih kurang. Hal tersebut menurutnya lantaran terlalu luas jangkauan dan peran serta Wakil Rektor bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Secara administrasi dan birokrasinya, dekan di bidang profesionalitasnya sudah terbantukan dengan tiga wakil dekannya, namun pada sisi profetiknya, nampaknya akan masih kesulitan jika tidak ditopang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, mengingat jangkauannya yang terlalu luas. Oleh karena itu, ke depan saya berharap ada peran serta Dekan dan Wakil Dekan dalam mewujudkan hal tersebut,” tukasnya. (AL-BayurieHum)